Tips Dapur : Membersihkan Minyak Goreng yang Tumpah

Suatu pagi beberapa hari yang lalu, saya hendak menggoreng telur. Ketika akan menuang minyak ke penggorengan, tanpa sengaja minyak gorengnya tumpah ke lantai.  Hiks, .. baju juga basah kena minyak. Seketika itu juga secara refleks dan tanpa pikir panjang saya ambil lap dan menggosokkannya ke lantai. Aduh, tapi koq lantainya jadi licin sekali ya..berbahaya nih.

Lalu saya teringat akan tips untuk membersihkan minyak di lantai yaitu dengan menggunakan tepung terigu. Caranya yaitu dengan menuangkan terigu ke atas ceceran minyak yang tumpah. Setelah minyak meresap semua baru dibersihkan dengan sapu atau kain lap yang kering.

Tips dari saya:

jika minyak yang tumpah hanya sedikit jangan langsung di lap karena nanti minyaknya melebar kemana-mana. Langsung saja tuangkan terigu di atasnya. Biarkan hingga minyaknya terserap habis. Baru dibersihkan dengan sapu atau lap yang kering.Setelah itu bisa di pel dengan lap basah. Kalau kebetulan tidak punya terigu, bisa digunakan tepung beras  atau bedak tabur.

jika minyak yang tumpah banyak, bisa dilap terlebih dahulu (dengan lap kering) tapi ngelapnya jangan melebar kemana-mana. Cukup di bagian yang tumpah (dengan cara ditekan hingga meresap  dan bukan digosok). Setelah itu taburi dengan tepung secukupnya hingga minyaknya terserap. Jika tepung yang ditaburkan kurang, minyaknya tidak terserap semua sehingga  lantai tetap licin.  Setelah itu lantai bisa dibersihkan dengan sapu atau lap kering. Baru setelah itu bisa di pel dengan lap basah.

Sekian dulu tips dapur dari saya, semoga bermanfaat!

9 thoughts on “Tips Dapur : Membersihkan Minyak Goreng yang Tumpah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s