Sebuah renungan di akhir November

Alhamdulillah akhirnya bisa kembali meng -update blog ini setelah sekian lama. Pengalaman hidup telah mengajarkan saya dan kita untuk menerima dengan lapang dada apa segala yang menimpa kita. Tidak lain manusia hanyalah berjalan di atas takdir. Namun harapan itu selalu ada dan harus, yang senantiasa terpancar lewat do’a kita pada Rabb kita, Alloh Azza wa Jalla. Segala kekuatan itu berasal dariNya.
Beberapa waktu terakhir saya begitu akrab dengan yang namanya rumah sakit. Saya rasa ini bagian dari takdir hidup saya juga, yang sekali lagi harus diterima dan disyukuri.
Saya tidak akan pernah tahu ketika saya tidak mengalami sendiri pengalaman itu. Ketika episode itu telah berakhir maka saya semakin sadar bahwa ternyata Alloh ingin menunjukkan kepada saya bahwa di luar sana begitu banyak manusia-manusia tangguh yang membuat semangat saya tumbuh teriring rasa syukur yang mendalam. Betapa tidak ketika mereka sebagai orangtua dihadapkan pada kenyataan bahwa anak mereka menderita sakit yang tidak bisa dibilang ringan. Namun dengan segala kekuatan mereka nampak begitu tegar demi si buah hati tercinta.
Di sana saya temui ada seorang ayah yang terpaksa harus keluar dari pekerjaannya demi menunggu anaknya yang sakit panas selama 3 bulan tak kunjung sembuh. Lalu ada ibu yang memiliki putra barumur 7 bulan sedang menderita sakit jantung. Badan bayi kecil itu begitu lemah dengan berat tidak sampai 4 kilogram. Ini hanya beberapa contoh kasus saja, di luar sana tentunya masih banyak manusia tegar lainnya. Cukuplah bagi saya dua contoh itu, dan saya merasa malu pada diri sendiri yang mungkin tidak setegar mereka. Betapa kita harus syukuri nikmat Alloh yang demikian luas itu, dan semoga dengan bersyukur Alloh akan menambahkan nikmatnya pada kita. Amiin…

**terkadang hikmah dari sebuah peristiwa yang tidak menyenangkan baru kita rasakan ketika kita sudah jauh meninggalkan bahkan telah melupakan peristiwa itu.

5 thoughts on “Sebuah renungan di akhir November

  1. semoga senantiasa di atas kesabaran dan keistiqomahan… tiada hal yang terindah kecuali kesabaran…bersabarlah yang indah, karena buah kesabaran itu sangatlahh indah…tetep semangat!!

Tinggalkan Balasan

