Tips Mudik : Ketika Harus Menggunakan Toilet Umum

Sebentar lagi kan hari raya Idul Fitri tiba…maka para pemudik harus bersiap-siap. Mulai dari persiapan kendaraan tiket (bagi yang menggunakan transportasi umum), persiapan perbekalan&uang🙂 serta kesiapan  fisik yang prima. Biasanya para pemudik merasa sangat bergairah menjelang hari H mereka mudik…namun demikian jangan sampai hal ini membuat persiapan Anda menjadi terabaikan..hm karena saking semangathnya..

Meski sudah berulang kali mudik namun tetap saja yang namanya mudik membawa suatu keasyikan plus keribetan tersendiri. Keribetan yang sering terjadi adalah ketika Anda merasa perlu untuk buang air besar atau kecil. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi mungkin keribetannya dapat sedikit berkurang karena mereka bisa sewaktu-waktu berhenti ketika sedang “merasa kebelet”. Namun bagi pengguna kendaraan umum? Terkadang memang sangat menyulitkan…

Berikut tips yang saya coba paparkan agar mudik makin asyik…

– Ketika hendak berangkat sebaiknya jangan menahan rasa BAB atau BAK. Dan jikapun Anda tidak kebelet usahakan untuk BAK.

– Ketika Anda menjumpai toilet umum (maksudnya pas kebetulan kendaraan umumnya transit)  usahakanlah untuk BAK meskipun saat itu Anda sedang tidak kebelet. Hal ini sebagai antisipasi jika suatu saat Anda kebelet eh kendaraan umumnya lagi tidak berhenti.

– Jika Anda di toilet umum jaga dan berkonsentrasilah terhadap barang bawaan Anda. Kalo perlu dititipkan ke tempat yang terpercaya (misal teman seperjalanan). Jangan sampai barang Anda tertinggal di toilet umum.

-Jika Anda menggunakan toilet umum maka gunakanlah air yang mengalir langsung dari keran (jangan yang menggenang di bak). Karena kita tidak tahu kondisi air yang menggenang di bak  itu bersih atau tidak.

-JAngan memegang pegangan pintu toilet secara langsung (sebaiknya dilapisi tissue dsb). Namanya juga toilet umum pasti yang menggunakan banyak ..ya buat kebersihan diri Anda hal ini akan lebih baik.

-Bagi Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya Anda memiliki tempat toilet khusus. Maksudnya berdasarkan pengalaman mudik Anda pastilah ada satu atau dua toilet umum yang Anda rasa nyaman, maka itu bisa dijadikan rencana tempat Anda berhenti sejenak nantinya.

-Ups yang tidak kalah penting…siram yang hasil buangan Anda tersebut agar tidak mencemari lingkungan🙂 dan jangan membuang benda yang tidak larut ke dalam kloset.

Itu dia sedikit tips yang mungkin berguna bagi Anda, selamat mencoba..

Semoga mudik Anda makin asyik !

One thought on “Tips Mudik : Ketika Harus Menggunakan Toilet Umum

  1. Salam Takjim
    Satu lagi tips menarik untuk yang akan mudik, penuh informasi yang hygenis agar terhindar dari virus-virus yang tidak terlihat dengan mata… sangat berguna bukan hanya untuk mudik, tetapi ada bahagian yang berguna saat kita akan pergi jauh
    Salam Takjim Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s