Tips Saat Sahur dan Berbuka: Serat Saat Sahur dan Manis Saat Berbuka

inTips

inTips

Sahur dan berbuka adalah dua hal yang rutin dilakukan ketika kita sedang berpuasa. Keduanya saling melengkapi dan memiliki peran yang sama pentingnya…Nah untuk itu Hantari akan berbagi sedikit tips untuk sahur dan berbuka puasa..

Tips Untuk Sahur dan Berbuka :

– Saat sahur hindari makanan atau minuman yang manis  karena makanan atau minuman yang manis dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah lemas. Mengapa demikian ? Makanan manis memacu tubuh mengeluarkan  insulin sehingga tubuh menjadi cepat lapar. Kalaupun ingin makan atau minum yang manis maka harus diimbangi dengan makanan lain terutama yang mengandung karbohidrat.

– Makanlah dengan tenang dan jangan terburu-buru baik saat sahur maupun berbuka. Hanya saja hendaknya kita mengakhirkan waktu makan sahur dan menyegerakan untuk berbuka.

– Saat sahur juga sangat baik jika mengkonsumsi sayur dan makanan berserat. Makanan berserat dapat membantu tubuh menahan insulin agar tidak cepat keluar sehingga dapat menahan rasa lapar.

– Konsumsi air putih juga harus cukup

– Ketika berbuka puasa hindari langsung makan makanan yang asam dan pedas karena makanan tersebut dapat membuat lambung Anda yang kosong seharian menjadi “kaget” dan dikhawatirkan bisa menjadi radang lambung.

– Berbukalah dengan air putih dan makanan yang manis semisal kurma. Kandungan kurma sangat baik untuk memulihkan energi. Jika saat sahur kita menghindari makanan yang manis, maka saat berbuka kita dianjurkan makan yang manis.

– Jangan makan berlebihan ketika berbuka karena akan membuat tubuh menjadi malas karena kekenyangan. Makanlah secukupnya dan berhentilah makan sebelum kekenyangan.

– Asupan nutrisi ketika berbuka juga harus diperhatikan kandungan karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin dan mineralnya. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur secara rutin. Jangan lupa minum air putih secukupnya.  Ketika bangun tidur sangat baik untuk minum segelas air putih.

– Bila perlu konsumsilah suplemen seperti madu, habbatussauda, sari kurma, zat besi atau suplemen lain sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

2 thoughts on “Tips Saat Sahur dan Berbuka: Serat Saat Sahur dan Manis Saat Berbuka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s